Jual Beli Online: Episode Beli

Hello Reader,

Saya mau sekedar berbagi pengalaman jual beli di situs jual beli online. Tak bisa dipungkiri lagi internet sudah benar-benar membawa penggunanya kepada globalism. Situs ini memberi keleluasaan bagi penggunanya untuk mengakses segala macam promosi barang-barang baik yang akan dijual maupin dibeli, baik baru maupun bekas. Sejauh ini ada tiga situs yang benar-benar recommend bagi saya, antara lain kaskus.co.id, tokobagus.com, dan berniaga.com. Namun tidak menutup situs lain pula yang mungkin pernah reader rasakan manfaatnya.

Oh iya, saya juga pernah promosi di salah satu grup facebook (fb). Grup yang saya ikuti ini biasanya bersifat regional, seperti grup fb jual beli Jepara, jual beli Semarang, dan lain-lain. Menggunakan sosial media seperti facebook untuk jual beli ternyata tidak kalah menguntungkan. Setidaknya kita bisa tahu profil penjual/pembeli.

Oke kembali ke topik awal, saya rasa reader udah tau cara penggunaan situs jual beli online ataupun sosial media yg bisa digunakan untuk  jual beli, jadi saya tidak perlu lagi menjelaskan. Walaupun sebenarnya ada trik-trik jitu mendapatkan barang bagus, murah, dan aman versi saya (insyaallah bisa saya lanjutkan di posting lainnya). Ada beberapa hal yang harus diketahui bagi buyer (pembeli):

  1. Pembeli harus tau barang yang sudah dibeli serta spesifikasi yang dimaksud
  2. Temukan kontak person penjual apabila sudah mantap pembeli
  3. Tanyakan saja apabila memang buyer belum paham mengenai detail barang yang dijual
  4. Ajak ketemuan, cek barang, dan deal/ no deal.

Perlu diwaspadai pula segala macam penipuan yang terjadi di situs-situs jual beli di atas, ada kalanya iming-iming harga miring dan kata-kata manis seller bisa menghipnotis anda sehingga bisa tertipu. Oleh karena itu, untuk amannya ajak ketemuan sehingga bisa melakukan akad jual beli yang lebih sah J

Nah, apabila antara buyer dan seller terpisahkan oleh jarak (tempat atau daerah), saya menganjurkan untuk menggunakan RekBer atau rekening bersama. Sementara ini baru saya temukan di kaskus, mengenai apa itu rekber silakan tanya-tanya di kaskus. Namun apabia buyer sudah cukup percaya dengan seller untuk transfer uang langsung, ya silahkan saja saya ndak ikut-ikutan. Hehe

Oke, sekian artikel kali ini. Semoga lain kali bisa dilanjutkan lagi.

Terima kasih Reader😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s